Jumat, 13 Februari 2015

Danau Yang Tersembunyi Di Desa Tapa Aog

Selain Danau Tondok dan Danau Moat yang berada dikecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), ternyata ada pula danau yang tersembunyi dui ketinggian gunung, danau ini terletak di Desa Tapa Aog Kecamatan Passi Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), sebuah danau yang tak banya orang ketahui yakni Danau Tonsule.
Danau Tonsule 
 Pagi itu, terdengar suara nyanyian burung yang merdu, angin sepoi-sepoi yang menyejukan ditambah lagi dengan pohon-pohon yang hijau dan rindang  melingkari danau tersebut, kondisi itu membuat setiap orang yang melintas dilokasi itu ingin berlama-lama. Dipinggiran danau terlihat seorang pria tua yang hendak melemparkan sesuatu di tengah danau memakai baju kaos dan penutup kepala ala mongondow (Tolu). Tete Rahman begitu orang memanggilnya ternyata Ia sedang memancing berharap ikan memakan umpanya, Ketika hendak menyapa sembari bertanya, ia mulai berkisah dengan panjang lebar, dikisahkan dulunya lokasi ini bermula hanya tempat telaga ikan yang hanya dialiri empat Bukaka (Mata air gunung.red ) , namun dengan luas wilayah yang kecil tak mampu menampung menampung volume air sehingga membanjiri dan meluas membentuk seperti Danau. Masyarakat menamakan Danau Tonsule. Dari penamaan Tonsule  sendiri, diambil dari nama pohon kayu besar yang tumbuh  disekitar itu.


Konon katanya, danau tersebut pernah menelan korban berjumlah empat orang yang tidak lain adalah kaka beradik namun sayangnya ke empat korban itu hingga kini belum juga didapat. “Dulu ada yang mandi disini kong tenggelam, pertama kaka ade kemudian danau ini menelan korban lagi kaka ade lagi ,” Cerita tete berusia 70an itu sembari menawarkan Rokok Cristal di pinggir danau. Kisahya, setiap malam bulan pernama kerap terdengar suara gemuruh  ombak. “ Torang disini sobiasa jaga dengar suara ombak di danau ini, jadi nimbole heran” ucap Tete Rahman sembari melempar umpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar